24.6.14

belajar makan (hidup) sehat

hidup sehat itu sederhana kok yaitu apa yang kita makan dan lakuin sehari-hari.
sejak 2-3 bulan lalu (walopun masih naik turun alias cheating teruuus hihi) saya mulai jalanin yang namanya food combining untuk pola makan saya.

apaan tuuuuhh food combiniingg? hihihi.
ngeri banget yaa istilahnya? kayaknya bikin pening gitu, mana umur udah mau kepala 4 tapi disuruh belajar lagiii?? :D

menurut panduan di grup yang aku ikutin, Food Combining Indonesia, ada juklaknya untuk menentukan makan. ribet ya? benernya malah gak lhoooo. beneran! nih aku share yaa di sini
(gambar aku ambil dari grup fb di atas yaa!)


Naah, dari gambar di atas udah bisa dilihat kan ya yang dimaksud juklaknya food combining (FC) gimana. aku nih, tiap bangun tidur (mata masih kiyip-kiyip tuuuh ples iler dan belek kadang-kadang hihi) ambil segelas air dan aku campur dengan peresan jeruk nipis. fungsinya apa? menurut para admi grup, itu adalah "apresiasi" kepada liver karena sudah bekerja keras sewaktu kita tidur. so, bukan tanpa arti nih ato keren-kerenan karena jeniper (jeruk nipis peras) lagi ngetrend hihi
juklak pertama yaitu pagi hari. dari subuh sampe 1/2 jam sebelum makan siang aku biasanya cuman makan buah exclusive alias gak ditambahin apa-apa lagi. just fruits! and only fruits! :D
ini contoh sarapan buah ku beberapa waktu lalu

gak ada batesan mau brapa kali makan buahnya yaa. kalo berasa laper lagi, ya makan aja lagi. kenapa sih harus buah? buah itu gampang banget dicerna (makanya cepet banget laper), masa subuh sampe mau makan siang itu masa pembuangan jadi kasian kan lagi mau siap-siap mbuang, malah dikasih makanan berat-berat :(

nah terus juklak makan siang/malam. 



Jadi sebisa mungkin menghindari pati bersama protein hewani (daging, ikan, telur dan sejenisnya). kalo pati ketemu protein nabati (jamura, tahu, tempe) masih okay yaaa. jadi biasanya aku selang makan siang pertama dengan makan berikutnya (entah makan lagi atau camilan) adalah sekitar 4 jam yah :) atau tergantung waktu transit bahan makanan yang kita makan. ini contoh maksi aku :D


karena itu tahu telor dan jamur beserta semangkok sayur mentah (ples bumbu pecel gak kepoto) maka nasi (pati) aku skip. bagus lagi kalo makan nasi, beras merah atau beras hitam yaaa. cuman belum sempet beli-beli euy! kalo emang gak bisa ideal menunya alias gak ada sayur mentah, atau mungkin lagi belum bisa makan sayur mentah. boleh lah dimasak sebentar ajah yaa biar kandungannya gak ilang :)

food combining gak sesusah yang dibayangin kok, yang pasti pati gak sama protein hewani, dan buah makannya 1/2 jam sebelum makan berat bukan sesudahnya yaaaa :)

oh iya benernya alasan kenapa pati gak boleh ketemu protein hewani karena akan membuat keadaan tubuh kita menjadi asam, dimana keadaan ini yang sering memancing penyakit. 

yuk hidup sehat yuk! masih belajar belajar juga siiiik.. semoga makin keren belajarnya deh! :)



No comments:

Post a Comment